Tips memutihkan gigi secara alami

Tips memutihkan secara alami ini saya dapatkan bukan dari cara membaca buku ataupun juga menonton di TV, tapi ini merupakan cara tradisional yang saya dapatkan dari nenek saya sewaktu masih kecil. Dulu ketika kami masih kecil, listrik masih belum masuk ke kampung kami, setiap pagi dan sore hari kami pergi ke sungai untuk mandi. Jarak dari kampung kami ke pasar jaraknya sekitar 5 KM , jadi kami agak jauh untuk pergi belanja segala kebutuhan.

Jika suatu saat kami kehabisan perlengkapan mandi seperti sabun ataupun pasti gigi , kami tidak menjadi kewalahan, karena nenek kami mengajarkan berbagai macam cara untuk mengganti semua perlengkapan mandi tersebut, semuanya diambil dari alam. Nenek bilang, sabun dan odol itu kan barusan saja adanya. Dulu mana ada sabun sama odol, jadi mereka menggunakan bahan-bahan yang alami saja. Nah untuk urusan memutihakan gigi ini nenek kami selalu menggunakan cara sederhana berikut ini :

Menggunakan abu tungku.

cara memutihkan gigi dengan abu tungku

mengambil abu tungku

Dulu kami tidak mengenal apa itu kompor minyak tanah , apalagi kompor gas, Kami untuk urusan masak memasak menggunakan tungku, sehabis masak sesuatu di dalam tungku kan ada abunya tuh, nah sewaktu masih hangat-hangat kuku amil tempelin di ujung jari, supaya ndak jatuh basahin dulu ujung jari kita dengan air, jadikan ujung jari kita sebagai sikat giginya, dan abu tungku dijadikan sebagai pastaya. Soal sterilnya ndak usah kwatir, sebab debu yang kita ambil itu adalah hasil pembakaran jadi semua kuman pada mati semua.

Menggunakan pecahan Genteng atau bata merah

Cara selanjutnya dalam hal Tips memutihkan gigi secara alami adalah dengan menggunakan serbuk genteng atau bata , caranya : ambil genteng merah itu sebesar ujung jari , cuci sampai bersih hal ini kami lakukan untuk memastikan bahwa tidak ada sisa kuman yang bersarang di genteng , lalu tumbuk sampai halus, setelah itu sama seperti cara diatas , tempelkan serbuk genteng/ bata tersebut pada ujung jari lalu gunakan jari sebagai sikat gigi dan serbuk gentengnya sebagai pastanya.

Dengan rebusan daun sirih

Rebusan daun sirih ini kami lakukan hanya untuk berkumur saja atau diminum, ini kami lakukan tujuannya bukan untuk memutihkan gigi tapi untuk menyegarkan nafas kami, caranya cukup dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang masih segar, setelah itu rebus hingga mendidih , setelah hangat kuku lalu minum. Lakukan cara ini sehari 2 kali , pagi dan sore hari.

Itulah beberapa Tips memutihkan gigi secara alami  yang kami lakukan  ketika kami hidup di kampung kami sewaktu kami masih kecil-kecil. Jika anda tertarik silahkan mencoba.

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri
This entry was posted in Tips kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *