Tentang kolesterol

tongkatmaduraasli.com – kolesterol ? hampir semua orang pasti kenal apa itu kolesterol, jika seseorang di dalam badannya terlalu banyak kolesterol maka ada 2 kemungkinan penyebabya yakni dari dalam tubuh manusia itu sendiri dan dari luar, tubuh manusia juga memproduksinya tepatnya di dalam hati, hati memproduksi sebanyak 75%, sedangkan faktor yang berikutnya adalah dari luar sebanyak 25%, artinya ia terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol seperti misalnya : daging sapi, daging ayam , sedangkan buah-buahan misalnya duren serta kurangnya melakukan aktivitas tubuh , merokok , kopi dan alkohol juga menyebabkan kolesterol berlebih. Mengingat jenis pekerjaan manusia jaman sekarang dan pola hidup manusia yang jarang sekali menggunakan aktivitas tubuh.

Tentang kolesterol

 

kolesterol menyumbat aliran darah

kolesterol

Sebenarnya tubuh manusia juga membutuhkan kolesterol yakni berguna untuk sintesis hormon dan sel membran, selain itu  juga berguna untuk pembuatan asam empedu , dan pembentukan hormon steroid .

Tapi yang jadi masalah adalah bagaimana jika jumlahnya melebihi dari jumlah yang dibutuhkan ? tentu bukannya baik bagi tubuh kita, justru yang terjadi sebaliknya , ia malah menjadikan sebagai sumber mala petaka bagi manusia, berbagai macam penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Dan cara yang paling mudah untuk kita lakukan adalah mencegah dan mengatur pola makan kita.

 

Tanda-tanda seseorang kolesterol tinggi

Tanda yang paling umum dan selalu sering kita dengan bahkan dari masyarakat umum sekalipun adalah pegal-pegal sampai terasa sakit pada daerah bahu dan bagian belakang tubuh kita, untuk mengetahui secara pasti  adalah dengan cek darah, nanti akan ketahuan berapa jumlahnya.

 Efek samping kolesterol berlebih

Dalam jangka waktu pendek,  efeknya biasanya hanya pada bagian punggung hingga bahu terasa berat, sakit hingga kaku , sedangkan efek sampingnya dalam waktu panjang adalah mampu merusak kerja jantung dan bahkan stroke. hal ini disebabkan karena kandungan kolesterol yang banyak mengalir dalam aliran darah nantinya akan membentuk plak di arteri yang disebut dengan aterosklerosis, jika sudah terjadi penyempitan pada jalannya aliran darah, maka kerja jantung akan bekerja ekstra untuk memompa darah , dalam jangka waktu panjang jika jantung sudah bekerja ekstra terus-terusan maka efeknya adalah kerusakan pada jantung atau kemungkinan kedua adalah bocornya pembuluh darah atau stroke.

Macam kolesterol

yang pertama adalah  LDL ini disebut kolesterol jahat sebab ia bisa bergabung dengan bahan lainnya dan dapat membentuk plak dalam aliran darah dan nantinya akan  menyumbat aliran darah

Sedangkan jenis  lainnya adalah jenis  HDL  atau kolesterol baik , jenis ini disebut baik sebab ia mampu memerangi dan menghancurkan jenis kolesterol jahat atau LDL.

 

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri
This entry was posted in Tips kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *