Sistem reproduksi pria

tongkatmaduraasli.com – sistem reproduksi pria dibagi kedalam dua bagian yakni sistem reproduksi luar dan sistem reproduksi  dalam , sistem reproduksi pada pria lebih simple daripada reproduksi wanita , oleh sebab itulah dalam penanganan terhadap pengobatan jika terjadi suatu penyakit maka pada pria lebih mudah ketimbang pada wanita. Berikut ini penjelasan dari  masing-masing reproduksi pada pria .

Sistem reproduksi pria

Alat reproduksi pria bagian  luar

Penis

Penis merupakan salah satu sistem reproduksi pria yang berfungsi untuk memasukkan sel sperma untuk dipertemukan dengan sel telur milik wanita , sehingga terjadi pembuahan pada sel telur, penis terdiri  dari 3 bagian yakni

  • Glan penis yang terdapat pad ujung penis
  • Batang penis
  • Pangkal penis

Penis merupakan salah satu  sistem reproduksi  lelaki  yang terdiri dari  susunan otot-otot yang dapat tegang yang disebut ereksi ,

Alat reproduksi  pria bagian dalam

Testis

Testis merupakan salah satu sistem reproduksi laki-laki yang berbentuk oval , funsi dari testis adalah menghasilkan sel sperma jantan , testis itu sendiri terdapat di dalam skrotum , fungsi dari skrotum adalah untuk menjadi suhu di dalam testis agar tetap pada suhu spermatogenesis ,  dalam menjaga kondisi suhu di dalam skrotum , jika suhu dingin maka skrotum akan mengkerut , tapi jika suhu diluar tubuh panas maka skrotum akan memanjang / menjauhi tubuh.

Epididimis

sistem reproduksi pria

sistem reproduksi pria

Adalah salah satu organ reproduksi pada pria yang berkelok-kelok , posisinya berada di luar testis , secara garis besar  organ yang satu ini berbentuk huruf -C , fungsinya dari epididimis itu sendiri adalah sebagai penyimpanan , pengangkutan dan pematangan  sperma, karena sebenarnya sel sperma setelah di produksi  di dalam skrotum maka ia  masih lemah dan tidak bisa bergerak secara maksimal , barulah ia akan- bekerja maksimal setelah epididimis ini bekerja. Epididimis ini juga – sebagai penghubung dari skrotum menuju ke  Vas deferens.

Vas deferens

Merupakan saluran yang berbentuk seperti tabung, saluran ini berfungsi sebagai penyaluran , penyimpanan dan pematangan serta sebagai pendorong sperma menuju ke vesikula seminalis.

Kelenjar kelamin

Ini  merupakan salah satu kelenjar yang hanya dimiliki oleh kaum pria , fungsi dari kelenjar ini adalah untuk menghasilkan cairan  tempat berenangnya sperma,  kita sering menyebut  cairan ini sebagai air mani , dalam ilmu pengetahuan sering disebut sebagai semen, sekedar informasi dalam 1 mililiter cairan mani mampu menampung sel sperma 60-100 juta , air mani / semen mempunyai tingkat keasaman sampai denga 7,2 .  kelenjar kelamin terdiri dari beberapa bagian yakni :

  • vesikula seminalis : sering kita menyebutnya sebagai kantung sperma.
  • Kelenjar prostat.
  • Kelenjar bulbouretra

Uretra

Merupakan saluran kecil yang berbentuk tabung , posisinya berada di dalam penis , fungsi dari uretra ini adalh sebagai penyalur sperma dan juga berfungsi sebagai penyalur kencing.

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri
This entry was posted in kesehatan pria and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *