Penyakit kelamin wanita

tongkatmaduraasli.com – Resiko penyakit kelamin wanita lebih dominan terjadi pada wanita yang sering melakukan seks bebas, Organ intim wanita tidak sesederhana yang ada pada wanita, selain itu pada organ wanita yang letaknya berada didalam, memungkinkan perawatan terhadap organ reproduksi wanita lebih rumit dan lebih kompleks , dalam berbagai kasus untuk mengetahui berbagai macam keluhan pada organ kewanitaan diperlukan pemeriksaan melalui laboratorium. ini berbeda dengan organ reproduksi pada pria, dimana kebanyakan organ reproduksinya berada diluar tubuh.

Penyakit kelamin wanita

Penyakit kelamin wanita bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah faktor eksternal seperti kuman, virus atau bakteri serta amoeba. sedangkan dari internal seperti misalnya kista . Berikut ini beberapa penyakit kelamin wanita

Bartholinitis
Bartholinitis merupakan salah satu jenis infeksi yang terjadi di sekitar kelenjar Bartholin, bartholin ini berada di dasar labia. Penyebab utama dari penyakit ini adalah terjadinya infeksi karena bakteri. yang diserang oleh penyakit kelamin wanita jenis ini adalah kelenjar , beruntungnya penyakit bartholinitis ini tidak menular pada saat wanita berhubungan intim dengan laki-laki. Ukuran dari Kelenjar bartholin ini sekitar 1cm dan posisinya terletak di lubang awal organ intim wanita. fungsi dari Kelenjar bartholin ini sebagai pelumas atau pelicin disaat si wanita sedang melakukan hubungan intim , kelenjar bartholin ini akan mengeluarkan cairan, sehingga vagina akan menjadi licin.

Keputihan
penyakit kelamin wanita berupa keputihanKeputihan ini terjadi pada wanita, keputihan itu sendiri terbagi kedalam dua macam golongan yakni keputihan fisiologis ( normal ) dan keputihan patogen ( abnormal) keputihan fisiologis tidak perlu dikhawatirkan sebab ia akan sembuh dengan sendirinya, sedangkan yang perlu dikwatirkan adalah jenis keputihan yang disebabkan oleh patogen. penyakit kelamin wanita jenis ini bisa disembuhkan setelah melalui serangkaian pemeriksaan laboratorium yang tujuannya adalah untuk mengetahui jenis bakteri atau virus apa yang mengganggu genital wanita. kemudian selanjutnya dokter dengan mudah akan memberikan obat yang tepat dalam membasmi patogen tersebut.

Herpes Genitalis
Merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, resiko terinfeksi penyakit ini besar dialami oleh wanita yang sering gonta-ganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman seperti kondom dan alat kontrasepsi lainnya yang sering dipakai oleh wanita. masa inkubasi yang dialami oleh si penderita herpes genital ini adalah 3-7 hari. Penyakit kelamin wanita jenis herpes ini mempunyai gejala timbul bintik-bintik merah pada badan, rasa meriang / panas , cepat lelah dan rasa nyeri otot.

Kandidiasis
Penyakit kelamin wanita yang satu ini disebabkan oleh jamur yang menyerupai ragi , nama dari jamur ini adalah candidia.Kebanyakan jamur ini akan menyerang organ intim wanita, akan tetapi yang diserang oleh jamur candidia ini biasanya tidak hanya vagina saja, akan tetapi juga akan menyerang paru-paru, mulut , kulit dan organ tubuh lainnya.
kebanyakan kasus penderita penyakit kelamin wanita ini disebabkan kerena wanita sering menggunakan obat-obatan antibiotik secara berlebihan sehingga efek dari penggunaan dari obat-obatan tersebut merubah suhu pada vagina sehingga akan memicu timbulnya jamur candidia. gejala yang sering timbul adalah rasa gatal pada vagina dan akan timbul bintik merah pada vagina. Apabila jamur candidia ini menjalar lebih jauh ke seluruh tubuh dan mencapai hingga ke mulut maka akan ditandai dengan gejala sakit tenggorakan sehingga akan susah menelan, bintik merah pada tenggorokan.

Kanker Seviks
Kanker serviks merupakan salah satu penyakit kelamin wanita yang menyerang serviks wanita, penyebab utama dari kanker serviks ini adalah virus HPV atau lebih dikenal dengan sebutan human papilloma virus, para pekerja seks komersil lebih beresiko terkena paparan virus ini . Pria dengan ujung kepala kelamin yang belum disunat memiliki resiko pembawa virus ini ketimbang pria yang tidak disunat.
Human papilloma virus ini dapat bertahan hingga 4-5 tahun di dalam organ reproduksi wanit, dan akan mati dengan sendirinya jika kondisi wanita selalu sehat dan fit. begitu juga sebaliknya jika kondisi wanita selalu lemah maka virus ini akan meyerang balik pasien dan menjadi penyakit kanker serviks.

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri

This entry was posted in kesehatan wanita, Penyakit and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *