Mitos dan fakta seputar kehamilan

 

Mitos dan fakta seputar kehamilan

Mitos dan fakta seputar kehamilan sudah lama terjadi di negeri kita ini , yang namanya mitos itu hanyalah khayalan manusia belaka yang mana kebenarannya masih diragukan , berikut ini beberapa fakta dan mitos tentang kehamilan yang sering kita dengar diantaranya adalah :

 

 

  • Melakukan hubungan seks 2-3 kali seminggu jika ingin cepat hamil

Benar : sebaiknya beri jeda atau rentang waktu 1 hari , selain memberi kesempatan pada pria untuk memproduksi sperma yang berkwalitas , Sel sperma yang dihasilkan oleh testis tidak akan bekerja maksimal sebelum diproses dalam saluran epididimis , saluran ini bentuknya berkelok-kelok menyerupai huruf C , fungsinya adalah untuk menyempurnakan sel sperma yang di hasilkan oleh testis ( Baca : fakta tentang sperma )  . Jadi lakukanlah hubungan seksual dengan pasangan anda sewajarnya yakni memberikan jeda waktu 1 hari ini akan memberikan waktu yang cukup bagi saluran epididimis untuk menyempurnakan sel sperma . waktu yang bagus untuk berhubungan intim misalnya : Senin , rabu , Jumat . Bagi seorang wanita yang sedang menjalani program kehamilan cari ini wajib dijalani sebab akan menyedikan pasokan ketersediaan sperma di dalam ovarium , sperma akan mampu bertahan 2-3 hari di dalam ovarium , jika suatu saat terjadi pelepasan sel telur di dalam saluran fallopi maka sel sperma sudah siap membuahi.

 

  • Angkat kaki si wanita setelah melakukan hubungan suami istri

Salah : sel sperma mempunyai kemampuan untuk berenang dengan kecepatan 5 mm per detik , setelah sperma keluar dari penis ia akan berenang menuju ke arah sel telur , jadi meskipun si wanita tidak mengangkat kaki sekalipun ia ( sperma ) tetap akan bisa meraih sel telur . Yang jadi dasar wanita mengangkat kaki setelah berhubungan intim adalah dengan memanfaatkan gaya grafitasi bumi , dengan mengangkat kaki maka posisi ovarium akan berada lebih rendah ketimbang lokasi sperma dikeluarkan sehingga cairan yang berisi sel sperma akan dipermudah untuk mencapai saluran fallopi. ( Baca : cara pembuahan sel telur oleh sperma )

  • Menunda hubungan seks hingga berminggu-minggu

Salah : Masyarakat yang mengatakan bahwa dengan menahan pria untuk ejakulasi akan meningkatkan kwalitas sperma itu sendiri , ini justru keliru . Semakin lama sperma ngeddon di dalam kantong sperma kwalitasnya akan semakin buruk , belum lagi kemungkinan adanya resiko infeksi pada saluran sperma yang akhirnya akan menurunkan kwalitas sperma itu sendiri. Waktu yang baik untuk mengeluarkan sperma jika ingin punya anak adalah 2-3 minggu sebagaimana sudah dijelaskan pada point pertama diatas.

  • Makan toge ( kecambah ) akan mempercepat proses kehamilan 

Benar : ini adalah wajar sebab toge banyak mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk hormon reproduksi kaum wanita , namun faktanya untuk menambah kwalitas hormon reproduksi bukan hanya vitamin B6 saja yang dibutuhkan , ada beberapa vitamin atau gizi lain yang dibutuhkan seperti  asam folat , zat besi , vitamin C dan vitamin E . intinya harus memperbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi .

  • Wanita memegang peranan untuk menentukan jenis kelamin anak pria atau wanita 

Salah : yang menentukan jenis kelamin bayi adalah kombinasi kromosom , seorang pria mempunyai kromoson xy , sedangkan wanita mempunyai kromosom xx , jika sang ayah menyumbangkan kromosom x maka akan jadilah xx atau wanita  , tapi jika sang ayah menyumbangkan kromosom Y maka jadikan xy ( laki-laki )

 

Sumber artikel : http://caracepathamil.com/info/mitos-kehamilan-cepat-hamil.html
Tags :