Mengobati keputihan dengan daun sirih

tongkatmaduraasli.com , Keputihan merupakan keluarnya lendir dari dalam organ intim wanita. Keputihan terjadi pada setiap wanita, keputihan disebut juga fluor albus yang merupakan serkresi vaginal pada kaum wanita. Dan bahkan keputihan juga ditemukan pada bayi perempuan yang baru lahir, secara umum keputihan dibagi menjadi 2 bagian yakni keputihan normal dan keputihan abnormal, berikut ini penjelasannya:

Keputih normal : Biasanya akan datang pada wanita setiap bulannya, ia akan data sebelum dan sesudah menstruasi atau akan datang saat si wanita mengalasmi masa subur, keputihan jenis ini memiliki ciri sebagai berikut :

  • Cairan yang keluar bening
  • Tidak berbau
  • Tidak ditandai gejala gatal

Keputihan abnormal : merupakan jenis keputihan yang disebabkan karena faktor patogen seperti virus, kuman , jamur dan amoeba, secara umum keputihan jenis abnormal ini mempunyai gejala sebagai berikut :

  • Cairan yang keluar berwarna , kuning keruh , pekat ,hingga hijau
  • Bau sangat menyengat
  • Disertai rasa gatal

Keputihan jenis inilah yang perlu kita perhatikan dan perlu segera mendapatkan penanganan, sebab jika tidak akan berakibat ke hal-hal yang lebih fatal , kanker serviks misalnya. namun untuk itu semua ada beberapa cara untuk mengobati keputihan dengan cara cepat, tepat , aman dan higienis. Dan cara itu adalah dengan menggunakan ramuan rebusan dengan menggunakan daun sirih.

Mengobati keputihan dengan daun sirih

Bahan – bahan yang diperlukan :

  1. Daun sirih yang masih segar sebanyak 10 lembar
  2. Air bersih sebanyak 5 gelas

Peralatan yang diperlukan :

  1. Panci , disarankan yang terbuat dari tanah
  2. Kompor

Cara membuat :

  1. Cuci bersih daun sirih dengan air mengalir , agar kuman penyakit tidak balik lagi ke daun sirih
  2. Masukkan 5 gelas air tadi kedalam panci
  3. Setelah mendidih masukkan 10 lembar daun sirih yang telah kita cuci bersih tadi ke dalam air dalam panci yang sudah mendidih.
  4. Setelah mendidih dan daun sirihnya sudah mulai layu, dna warna airnya mulai berubah kekuning-kuningan, angkat dan diamkan selama kurang-lebih 30 menit.
  5. Setelah hangat-hangat kuku, siramkan / cebok daerah intim wanita dengan menggunakan rebusan daun sirih.

Tips mencegah keputihan abnormal 

Bukankan pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah itu rupanya berlaku juga bagi keputihan abnormal ini, sebelum timbul keputihan maka baiknya mencegah keputihan abnormal itu sendiri, berikut ini beberapa tips untuk mencegah timbulnya keputihan abnormal :

  • Menjaga kebersihan vagina
  • Usahakan vagina tetap kering dan bersih
  • Sering-seringlah mengganti celana dalam yang sudah lembab karena keringat
  • Jangan cebok dari arah belakang ke depan, dikwatirkan saat cebok dari belakang ke depan akan membawa kuman penyakit dari anus dan menempel ke vagina.
  • Setia dengan pasangan, jangan gonta-ganti pasangan, dikwatirkan akan terjangkiti virus penyakit dari pria lawan seks anda.

Cara lain mengobati keputihan selain menggunakan daun sirih

 

Jika anda tidak ada waktu untuk membuat rebusan daun sirih , terutama bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan, menemukan daun sirih tentu bukanlah hal yang mudah, perlu mencari ke pasar tradisional , belum lagi harus merebusnya dan lain sebagainya , berikut ini saya mempunyai beberapa tips yang bisa anda terapkan seperti misalnya :

  • Menggunakan ramuan herbal  tongkat madura , ramuan ini dalam mengobati keputihan lebih ampuh daripada hanya menggunakan rebusan daun sirih, sebab di dalam ramuan herbal ini mengandung daun sirih dan tambahan majakani, dimana majakani ini sangat ampuh dalam merawat organ intim wanita.
  • Menggunakan ramuan herbal spesialis keputihan  , ramuan ini merupakan ramuan herbal yang dibuat oleh produsen jamu asal madura namanya ” Payung emas – siti fatma ” khasiatnya juga hampir sama dengan ramuan tongkat madura yakni mengobati keputihan , ramuan herbal ini spesialis untuk mengobati penyakit keputihan.

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri

This entry was posted in kesehatan wanita and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *