Mengapa penderita diabetes bisa mengalami kebutaan

Penyebab diabetas menyebabkan kebutaan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Beliau bernama  dr Muhammad Ikhsan Makoagow, Sp.PD dari Jakarta Eye Center menjelaskan bagaimana proses penyakit diabetes bisa  merusak pembuluh darah pada penderitanya.

Beliau juga  menjelaskan bahwa kandungan vitamin dan  mineral serta protein yang berasal dari makanan pada penderita penyakit diabetes  tidak bisa menyerap ke dalam sel-sel tubuh si penderita. Hal ini disebabkan insulin, hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengubah glukosa menjadi energi tidak bisa bekerja dengan sempurna

karena tidak bisa bekerja inilah maka akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah, dan pembuluh darah yang paling umum diserang adalah pembuluh darah pada mata , otak dan ginjal, makanya tak heran jika pasien diabetes yang paling mengalami kerusakan adalah gangguan pada mata , gangguan fungsi otak serta gangguan fungsi ginjal.

Untuk gangguan mata jika pembuluh darahnya bocor itu akan terjadi pada retina mata, atau yang dikenal dengan nama retinopati diabetik . Hal ini ditandai dengan pengelihatan mata yang buram dan berbayang. Pasien mungkin akan menganggap hal ini adalah hal yang biasa , dan ia baru akan menyadarinya setelah ia memeriksakan diri. Namun jika ia tidak memeriksakan diri akibatnya akan semakin parah dan akan berujung pada kebutaan .

Pada tahun 2015 di Indonesia kasus retina diabetic ini menyerang 8,8 juta orang, dan jumlah ini akan terus meningkat. meningkatnya kasus retino diabetik ini dikarenakan kurangnya kesadaran pasien untuk memeriksakan matanya meskipun sudah timbul gejala mata buram dan berbayang.

 

Tags :