Manfaat teh putih untuk kesehatan

 

 

Teh putih sebenarnya teh biasa saja seperti halnya teh yang sering kita minum sehari – hari , hanya saja yang membedakan warnanya saja , kalau yang sering kita jumpai di pasaran itu namanya teh merah , sebab saat diseduh warnanya akan merah , lain halnya dengan teh putih ini , setelah diseduh warnanya tidak merah akan tetapi berwarna putih , kalaupun ada perubahan warna , putih kekuningan sedikit pucat ,  hal ini disebabkan disaat proses pembuatan tidak mengalami proses oksidasi terlebih dahulu. Pucuk daun teh sebelum dipetik , dilindungi terlebih dahulu agar terhindar dari sinar matahari sehingga tidak membentuk klorofil daun . Panen teh putih ini hanya dilakukan pada saat awal musim semi setiap tahunnya dan proses panennya ini hanya 2 hari saja, sebab prosesnya yang lama inilah menjadikan teh putih ini menjadi teh yang mahal , Dulu teh putih ini hanya dinikmati oleh kalangan para Kaisar / raja dan para pejabat istana . Teh putih ini banyak di tanan di pegunungan Fujian – China.   Kandungan kafein dalam teh putih ini relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan teh lainnya , yakni hanya 15 mg per cangkir.

Manfaat teh putih yang diolah tanpa proses oksidasi
teh putih

Beberapa manfaat teh putih untuk kesehatan  .

 

Teh putih melancarkan peredaran darah

Dalam beberapa faktor / penyebab darah manusia akan menjadi kental sehingga aliran menjadi tersumbat , jika ini terjadi bisa dipastikan beberapa penyakit akan menyerang kita  seperti  tekanan darah tinggi , penyakit jantung koroner , struk , pembuluh darah pecah , dll  . Dengan sering mengkonsumsi teh putih , darah akan menjadi encer dan mengalir lancar .

Membunuh bakteri mulut

Bau mulut dan gigi berlubang itu semua disebabkan oleh bakteri , manfaat teh putih salah satunya adalah untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab gigi berlubang dan bau mulut . Jadi jika anda ingin nafas anda selalu segar dan fresh maka sering-seringlah mengkonsumsi seduhan teh putih ini setia pagi .

Mengobati  / mencegah keracunan

Masih ingat dengan SHENNONG bukan ? Shennong atau dikenal dengan sebutan YANDI , Shennong punya arti  petani suci atau dewa pertanian , selain seorang ahli pertanian , ia juga pandai meramu obat-obatan . Demi baktinya pada dunia kesehatan masyarakat ia melakukan serangkaian uji-coba dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari daun-daunan , ia tak peduli apakah daun-daunan itu beracun atau tidak , itulah sebabnya mengapa masyarakat China banyak mengenal manfaat dan khasiat daun-daunan sebagai ramuan herbal . Jika ia ( Shennong ) keracunan karena mengkonsumsi daun-daunan tersebut , untuk mengobatinya ia segera mengkonsumsi daun teh ini , yang juga termasuk teh putih ini , namun pada akhirnya ia tewas karena mengkonsumsi daun beracun dan belum sempat mengkonsumsi daun teh . jadi bisa dipastikan bahwa manfaat teh putih ini mampu membuang dan mencegah seseorang keracunan.

Kaya akan vitamin – C

Kandungan tehputih  yang kaya akan vitamin – C ini melebihi dari buah-buahan seperti tomat , jeruk dan apel . Vitamin-C yang tinggi dalam teh putih ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia , ia tidak akan gampang sakit , terhindar dari sariawan dan bibir pecah-pecah akibat kekurangan vitamin-C

Kaya akan antioksidan 

Dari penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam secangkir teh putih setara dengan 12 gelas jus  jeruk  segar , jadi kebayang bukan betapa hebatnya manfaat teh putih ini , antioksidan dalam tubuh manusia berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang menyebabkan penyakit kanker .

 

 

Sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Shennong
  • http://www.gadis.co.id/ngobrol/di+balik+secangkir+greentea
  • https://www.youtube.com/watch?v=7lr-cZGWTCg

 

Artikel kami yang lain :

 

 

 

Tags : , ,