Macam-macam imunisasi pada anak

Macam-macam imunisasi pada anak penting untuk diketahui , terutama oleh para orang tua yang mempunyai anak kecil , dilakukannya imunisasi bertujuan untuk membangun antibodi pada tubuh manusia dari serangan penyakit tertentu yang disebabkan oleh penyakit menular ,  pemberian imunisasi maksudnya adalah menyuntikkan virus yang sudah dilemahkan  ke dalam tubuh manusia . Kalau imunisasi itu sangat penting , lalu imunisasi apa saja yang wajib di berikan pada anak ?

 

berbagai macam imunisasi pada anak
Imunisasi pada anak

Jadwal dan Macam-macam imunisasi pada anak 

Imunisasi  untuk  hepatitis B

Waktu yang paling baik untuk pemberian  imunisasi hepatitis – B ini adalah  6 jam  atau maksimal 12 jam setelah lahir , tujuan diberikan vaksin ini adalah untuk menangkal datangnya atau serangan virus hepatitis-B pada anak , virus hepatitis -B ini nantinya akan menyerang hati manusia, dan efeknya adalah kronis hati atau kanker hati .

 

Imunisasi polio

Vaksin ini akan diberikan pada saat kunjungan pertama atau pada saat akan mau pulang dari rumah sakit jika ia melahirkan di rumah sakit bersalin , tujuan diberikannya vaksin ini adalah untuk mencegah ia terserang penyakit polio dengan gejala lumpuh pada kedua kakinya.

 

Imuniasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin)

Imunisasi selanjutnya adalah imunisasi BCG atau yang merupakan bacillus celmette guerin , pemberian vaksi ini dimaksudkan untuk membangun antibodi tubuh manusia terhadap serangan penyakit TB ( Tuberkolusis ) , vaksin ini diberikan pada balita saat ia memasuki usia 2-3 bulan , jika usia balita tadi melebihi 3 bulan maka perlu dilakukan uji tuberkulin.

 

Pemberian vaksin kombinasi

Dalam usia antara  2  sampai  4 bulan  pastikan  bayi harus mendapatkan imunisasi gabungan atau yang lebih dikenal  Pentabio  yang merupakan gabungan dari   vaksin tetanus , vaksin Difteri , vaksin  Pertusis , vaksin  Hepatitis , Haemophilus influenzae , dan  vaksin polio. Pada usia  3 bulan  balita diberikan  vaksin Pentabio ke  -2  ditambah lagi  dengan  vaksin polio yang  ke-2.  Dan pada usia 4 bulan   balita diberi vaksin  Pentabio yang ke-3 dan ditambah dengan vaksin polio yang ke-3.  Sedangkan jika balita  menginjak  usia 18 bulan  berikan  vaksin Pentabio yang ke-4.

 

Imunisasi campak

Secara alami Sebenarnya sang bayi  sudah memperoleh  kekebalan terhadap  campak dari ibunya sewaktu masih dalam kandungan. Namun sistem kekebalan tadi akan berangsur menghilang seiring bertambahnya usia bayi , sang bayi harus mendapatkan  antibodi  tambahan , dan caranya adalah dengan memberikan vaksin campak ini .  Tujuan diberikannya imunisasi campak ini adalah untuk memberikan  antibodi alami terhadap serangan  virus morbili ,  waktu yang sangat tepat untuk memberikan  imunisasi campak ini adalah saat balita berusia  9 bulan untuk imunisasi yang pertama , dan imunisasi campak yang kedua diberikan saat ia berusia 2 tahun.

 

Imunisasi DPT

Imunisasi ini diberikan pada seorang anak Ketika sang anak tadi  duduk di bangku sekolah dasar , berikut ini urutannya :

  • Kelas 1 SD –  imunisasi DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus).
  • Kelas 2 SD – imunisasi  DT (Difteri dan Tetanus)
  • Usia 10 sampai 18 tahun ia harus mendapatkan imuniasi DT.

 

Tags :