Kenali kecukupan cairan tubuh dengan warna air seni

Tubuh manusia terdiri dari 80% air , yang paling banyak adalah darah dan otak , perhatikan asupan air , jangan sampai kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi . Untuk mengetahui kecukupan cairan dalam tubuh kita bisa lakukan dengan cara pemeriksaan warna air seni , berikut ini caranya :

 

Cara mengenal kecukupan cairan tubuh dari warna air seni

 

  • Warna kuning pekat , itu mendakan bahwa tubuh kita sangat membutuhkan banyak cairan , tidak bisa di tolerir lagi , kita harus segera minum banyak air putih, jika ini masih ditunda-tunda ini akan berakibat fatal , dan dalam jangka waktu lama akan berakibat banyak benyakit seperti gagal ginjal , jantung , dll
  • Kuning muda ; ini memang tidak separah pada kuning pekat , yan gkalau bisa dibilang sangat urgent , jika kuning muda ini menandakan bahwa tubuh kita butuh banyak minum , kita diharuskan segera minum air putih
  • Kuning bening ; dan ini juga merupakan tanda bahwa anda sudah banyak minum air , atau dengan kata lain asupan cairan dalam tubuh kita sudah cuku p kalau bisa pertahankan kondisi seperti atau paling tidak jangan sampai lebih buruk lagi .
  • Bening ; warnanya seperti air putih , ini menandakan sangat baik , artinya dalam tubuh kita banyak cairan . hanya saja biasanya dengan kondisi warna kencing seperti ini akan banyak kencing , alias akan sering bolak-balik ke toilet .

Jika tubuh kita kekurangan cairan , maka tubuh kita akan secara otomatis akan menyeimbangkan diri yakni dengan cara menyerap cairan dari darah , jika darah sudah dihisap cairannya maka akibatnya akan terjadi pengentalan , jika darah kental maka yang terjadi adalah 3 hal yang sangat mengerikan yakni : peredaran darah ke seluruh tubuh tidak lancar , dan akibat yang kedua adalah kerja jantung yang bekerja ekstra  serta akibat berikutnya adalah rsiko gagal ginjal ( baca juga : Tips menyehatkan ginjal ).

Resiko pertama jika darah mengental dan peredaran darah tidak lancar adalah bagian tubuh lainnya yang seharusnya mendapatkan pasokan makanan menjadi terganggu , kemudian resiko yang kedua jika darah mengental adalah kerja  Jantung   yang bekerja ekstra , jika ini berlangsung dalam waktu yang lama maka yang terjadi adalah gagal jantung . Mengingat begitu pentingnya cairan yang harus di penuhi maka hendaklah kita selalu memperhatikan kecukupan cairan dalam tubuh kita dengan cara sederhana yakni dengan pemeriksaan warna air seni.

 

Artikel kami lainnya : 

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri

This entry was posted in Tips kesehatan, Tongkat Madura and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *