Bayi tabung

Tongkatmaduraasli.com – Bayi tabung di-abad yang serba modern ini menjadi salah satu alternatif bagi pasangan suami istri yang belum dikaruniai keturunan,  memang terasa hambar dan hampa jika sebuah keluarga tidak di hisasi dengan hadirnya si kecil. Fenomena tentang bayi tabung terjadi pro dan kontra di berbagai kalangan, sebagian mengatakan sah asal sel telur dan sperma diambil dari pasangan suami istri yang syah, namun tidak sedikit yang tidak setuju dengan adanya proses ini, mereka menganggap bahwa proses ini adalah perkembang biakan yang tidak normal dan wajar.

Bayi tabung adalah dengan cara mengambil sel telur kemudian di buahi sperma

Proses bayi tabung

Mengapa bayi tabung dilakukan ?

Perlu diketahui bahwa program ini dilakukan karena pasangan suami istri yang sudah lama menikah namun masih belum mempunyai keturunan, mereka sudah melakukan dengan berbagai macam cara untuk bisa mendapatkan bayi, namun masih belum berhasil juga. pada dasarnya pasangan yang masih belum mempunyai keturunan adalah karena ada beberapa penyakit pada wanita atau tidak subur  serta dari faktor pria, untuk itu mereka melaksanakan beberapa macam cara termasuk minum penyubur kandungan dan program bayi tabung sebagai solusi dalam mendapatkan keturunan

Sejarah bayi tabung di dunia

Proses bayi tabung itu sendiri dilakukan pada tahun 1978 tepatnya di Inggris , dan bayi pertama kali yang dilahirkan dari cara ini  diberi nama Louise Brown. secara singkat proses kerja dari bayi tabung adalah dengan jalan mengambil sel telur dari pihak wanita kemudian dibuahi dengan sel sperma , jika terjadi pembuahan maka sel telur yang sudah dibuahi tersebut dimasukkan lagi ke dalam rahim wanita.

 Sejarah bayi tabung di Indonesia

Semenjak keberhasilan  yang telah dilakukan di inggris, banyak negara-negara di dunia melaksanakan program pembuatan  bayi secara instant ini  , termasuk di Indonesia. Untuk pertama kalinya program ini dilaksankan di RS. anak dan ibu harapan kita. Keberhasilan rumah sakit ini dalam mencoba program bayi tabung dibuktikan dengan lahirnya seorang bayi yang berinisial NK , tepatnya ia lahir pada tahun 1987 .

Perdebatan soal bayi tabung

Hampir dari semua kalangan tokoh-tokoh agama memperdebatkan tentang program  ini. mereka yang tidak sependapat soal bayi tabung adalah dengan alasan bahwa umat perkembangbiakan umat manusia dilakukan dengan jalan  percobaan yang dilakukan di laboratorium, mereka berpendapat bahwa dengan cara seperti ini akan merendahkan harkat dan martabat manusia.

Sedangkan mereka yang pro berpendapat, bahwa program bayi tabung adalah syah-syah saja asal kedua sel indukan bayi berasal dari pasangan suami istri yang syah dan keduanya berdasarkan atas dasar cinta. Mengingat sudah banyak cara yang telah mereka lakukan demi mendapatkan keturunan.

 

 

About fayla afcharina

kebahagiaanku apabila aku menikmati hasil jerih payahku sendiri
This entry was posted in Tips kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *