Penyebab angin duduk dan cara mengatasinya

Masyarakat di sekitar kita lebih sering menyebut dengan sebutan angin duduk , pada prinsipnya  Jenis penyakit ini erat sekali hubungannya dengan penyakit jantung, Jantung tidak dapat lagi bekerja secara maksimal. Jantung kekurangan suplai darah dan oksigen , akibat penyempitan pada pembuluh darah.

 

Tanda / Gejala angin duduk

Gejala yang sering timbul dari angin duduk ini adalah sebagai berikut :

  • Timbul rasa tekan yang tak nyaman.
  • Timbul  rasa penuh dan sesak pada bagian dadak, kadang-kadang diikuti rasa sakit pada bagian leher, punggung, lengan, rahang dan  bahu terasa tidak enak.
  • Pada umumnya angin duduk ini akan terjadi disaat pasien melakukan aktivitas berat.
  • Timbul rasa mual.
  • Rasa kembung dan sesak pada perut.
  • Lamanya timbul rasa sakit akan terjadi selama 5 menit atau kurang.
  • Akan sembuh setelah cukup istirahat atau mengkonsumsi obat

Jika dilihat secara umum tidak ada perbedaan antara sakit angin duduk baik itu pada pria maupun pada wanita, yakni adanya rasa sakit pada bagian dada. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah jika angin duduk itu terjadi pada anak-anak , sebab mereka tidak tau bagaimana menjelaskan pada orang tua , bagaimana rasanya dan bagian mana saja yang sakit .

Penyebab angin duduk

Perlu diketahui , bahwa semua organ tubuh manusia memerlukan asupan darah dan oksigen ,  termasuk juga  jantung membutuhkan oksigen dan darah. Saluran yang mengirim darah dan oksigen untuk jantung disebut dengan pembuluh koroner , jika pembuluh koroner ini terganggu , maka secara otomatis suplai darah dan oksigen ke jantung juga akan berkurang / terganggu , akibatnya jantung tidak bisa bekerja secara maksimal. Selain itu ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit ini , seperti diantaranya :

  • Kolesterol ; ada 2 macam kolesterol dalam tubuh manusia yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat , kolesterol baik akan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , namun jika kebanyakan kolesterol yang menumpuk dalam darah maka kolesterol tadi akan menyumbat pembuluh darah  koroner  sebagai saluran untuk mengirim makanan dan oksigen.
  • Riwayat penyakit diabetes
  • Obesitas ; Ini erat kaitannya dengan timbunan lemak yang akan menekan pembuluh darah koroner.
  • Hipertensi : Salah satu penyebab hipertensi adalah karena salah satu saluran darah dari jantung tidak tidak lancar dan tersumbat, jika salah satu saluran dari dan ke arah jantung tidak lancar maka juga akan menunjukkan timbulnya angin duduk.
  • Kurang olah raga ; bukan rahasia lagi bahwa kurang olahraga banyak efeknya seperti timbulnya timbunan lemak , dengan menumpuknya lemak maka akan menekan saluran peredaran darah menuju ke jantung. Jika jantung kurang mendapatkan darah maka fungsinya akan terganggu, dan ini yang sering membunuh banyak orang secara tiba-tiba, jadi berhati-hatilah bagi kamu yang mempunyai perut buncit.
  • Faktor umur ; Seiring bertambahnya umur , kemampuan kerja organ tubuh manusia juga akan semakin melemah , juga termasuk kemampuan jantung ( Baca : tips menjaga kesehatan jantung ).
  • Kurang minum air ; dengan kurang banyak air minum akan mengakibatkan darah mengental , akibatnya aliran darah ke jantung menjadi tersendat. Itulah sebabnya dunia kesehatan sangat menganjurkan kita untuk banyak mengkonsumsi banyak air putih , sebab selain menyehatkan jantung dengan cara mengencerkan darah , juga sangat baik untuk kesehatan ginjal.

angin duduk ini diakibatkan karena jantung kurang menerima suplai darah dan oksigen
angina / Angin duduk

Macam-macam angin duduk

Ada 2 macam yakni angin duduk stabil dan angin duduk tidak stabil, keterangannya akan dijelaskan sebagai berikut

  1. Angin duduk stabil : merupakan salah satu jenis dari penyakit angin duduk yang disebabkan karena pasien banyak melakukan aktivitas tubuh terlalu berat , seperti misalnya habis olah raga , habis mengangkat barang berat dan aktivitas lainnya, logikanya : disaat tubuh kita melakukan aktivitas berat akan memaksa jantung bekerja  keras , disaat itulah jantung banyak membutuhkan asupan darah dan oksigen , jika saluran yang mengirim  darah dan oksigen terganggu akibat dari penyempitan maka yang terjadi adalah dada terasa sakit , lemas , mual dan lain-lain . Penyakit angin duduk stabil ini akan sembuh dengan sendirinya setelah pasien cukup istirahat.
  2. Angin duduk tidak stabil ; ini juga merupakan jenis lain dari penyakit angin duduk ini , penyakit ini lebih cenderung diakibatkan karena pembuluh darah koroner terganggu akibat timbunan lemak , pembekuan darah sehingga darah yang mengalir tidak lancar.

 

 Cara mengobati / mengatasi angin duduk

Cara pertama yang harus dilakukan jika mendapatkan pada pasien yang terkena angin duduk adalah : Menghentikan semua aktivitas yang sedang dilakukannya , jika ia sedang olah raga atau sedang bekerja berat suruh berhenti sejenak dan bawa ke tempat yang teduh  dan nyaman , bebaskan / longgar-kan ikat pinggang dan bajunya .

Sedangkan cara selanjutnya adalah jika memungkinkan beri  obat antiplatelet contohnya aspirin. Obat ini selain berfungsi untuk menahan rasa sakit juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah , sehingga asupan darah dan oksigen ke jantung menjadi lancar. Namun cara untuk mengobati dalam jangka panjang adalah dengan cara membebaskan saluran pembuluh darah dari sumbatan, seperti misalnya mengurangi lemak dan kolesterol serta mengencerkan kembali darah yang kental.

Cara tradisional yang bisa kita lakukan untuk melancarkan peredaran darah adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk , buah-buahan yang berwarna merah , ikan salmon, dan buah alpukat.

 

 

Tags : , ,